Manfaat Terong Untuk Penderita Kanker Payudara

Manfaat Terong Untuk Penderita Kanker Payudara

Tahukah anda bahwa Manfaat Terong Untuk Penderita Kanker Payudara ternyata sangat bagus? Seperti apakah manfaat terong untuk kanker payudara? Anda yang penasaran sebaiknya simak pembahasan lengkapnya berikut ini mengenai manfaat terong untuk kanker payudara! Begini penjelasannya!

Terong sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia. Ternyata tidak hanya di tanah air saja, terong juga terkenal di banyak negara lainnya seperti Italia atau mediterania. Tanaman yang dikenal dengan eggplant ini juga ternyata sudah dibudidayakan di Tiongkok hingga mencapai 27 ton per tahun. Banyak manfaat kesehatan dari nutrisi terong.

Banyak kandungan nutrisi bermanfaat pada Terong. Konsumsi terong antara lain dapat menekan risiko penyakit jantung, mencegah diabetes, meningkatkan energi, serta menjaga kulit dan rambut tetap sehat. Bahkan sebuah studi menunjukkan bahwa kaitan asam klorogenat pada terong yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, ada juga manfaat lainnya dari terong, seperti antioksidan, antivirus, serta mencegah kanker.

Namun sebagian masyarakat, khususnya pria lebih memilih untuk menghindari konsumsi terong. Hal dikarenakan mereka meyakini kalau terong dapat menurunkan stamina tubuh, stamina seks, dan menganggap terong tidak memiliki kandungan nutrisi untuk tubuh.

Pakar Gizi Klinis Dr Juwalita Surapsari, MGizi, SpGK mengatakan bahwa terong memiliki beberapa jenis. Yang biasa dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah Terong ungu, terong hijau dan terong belanda. Ketiga jenis sayuran tersebut memiliki manfaat dengan kadar yang berbeda satu sama lain.

Menurut pakar gizi klinis tersebut terong itu sangat tinggi serat. Manfaatnya sebagai mengontrol kolesterol, memperlancar pencernaan. Selain itu terong juga memiliki banyak warna yang terkait antioksidan memperbaiki kardio vaskular, kolestor, memiliki efek jantung dan pembuluh darah. Jadi terong ‘berwarna’ lebih tinggi nutrisi. Itu sudah ada penelitiannya.

Meskipun memiliki kadar nutrisi yang bebeda, pakar gizi juga menyebut bahwa kadar kalori per 100 gram terong hampir sama yaitu 5 kilo kalori dalam terong mentah. Uniknya, tidak seperti jenis sayuran lain, ternyata kadar antioksidan terong akan bertambah jika melalui proses pemanasan. Pakar gizi tersebut juga menambahkan bahwa mengolah terong bukan dengan cara dimasak lama, syaratnya harus dipanaskan dengan microwave atau dipanggang tidak lebih dari 5-10 menit.

Sementara itu, banyak yang mengatakan bahwa terong bisa sebabkan impotensi, dan menurunnya gairah seksual. Namun hal tersebut tidak dibenarkan oleh pakar gizi. Menurutnya itu hanyalah mitos semata. Untuk impotensi faktornya banyak. Tidak ada kandungan terong yang terkait langsung dengan impotensi. Terong ini justru sehat.

Dan fakta yang mungkin tidak banyak orang tahu adalah terong dapat mencegah kanker. Karena terong memiliki kandungan antioksidan dan antikanker, terutama terong yang lebih berwarna seperti terong ungu misalnya. Namun yang harus diingat, mencegah itu hanya terjadi jika itu bagian dari gaya hidup  sehat kita. Artinya, konsumsi terong cukup sering, dan tidak lupa juga diimbangi dengan konsumsi makanan-makanan sehat lainnya, serta menjalani gaya hidup sehat, seperti rajin berolahraga dan menghindari merokok serta minum alkohol.

Sebuah penelitian dilakukan oleh tiga mahasiswa Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang mengenai khasiat terong yang luar biasa untuk mencegah kanker payudara. Terong ungu merupakan salah satu tanaman yang kulitnya memiliki manfaat sebagai antioksidan dan agen chemopreventive. Kulit terong ungu yang notabene merupakan limbah yang dibuang percuma, ternyata memiliki kandungan flavonoid antosianin yang dominan yaitu delphinidin-3-rutinoside.

Salah satu agen kemoterapi yang efektif untuk terapi kanker payudara adalah doksorubisin. Dan untuk meningkatkan efikasi doksorubisin, sekaligus mengurangi efek sampingnya. Sehingga dapat digunakan pada kanker payudara yang telah mengalami metastasis, maka dapat ditempuh strategi kokemoterapi, yaitu mengkombinasikan doksorubisin dengan ekstrak kulit terong ungu.

Kulit terong ungu diekstraksi menggunakan metode ultrasonik dengan pelarut etanol 70 persen : HCl 1%. Uji sitotoksisitas menggunakan MTT Assay dilakukan untuk mengetahui potensi ekstrak etanol kulit terong ungu dan doksorubisin, serta kombinasi keduanya, dalam menghambat proliferasi sel T47D.

Sedangkan untuk mengetahui kemampuan menghambat metastasis digunakan metode Scratch wound healing assay dan metode Gelatin zymography. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol kulit terong ungu mengandung flavonoid, dengan nilai IC50 299,680 µg/mL. Sitotoksisitas kombinasi keduanya memberi nilai CI (combination indeks) 0,3 yang artinya kombinasi tersebut bersifat sinergis. Kombinasi ekstrak etanol kulit terong ungu dan doksorubisin mampu menghambat migrasi sel T47D dengan persen closure sebesar 41%, 38%, dan 26%.

Dekan Farmasi Unwahas, Aqnes Budiarti menjelaskan, lembaga yang dipimpinnya saat ini telah menetapkan diri untuk memiliki konsentrasi dalam pengembangan obat berbahan alam. Karena itu penelitian kreatif mahasiswa terhadap bahan-bahan obat berbahan alam akan semakin ditingkatkan.

Itulah Manfaat Terong Untuk Penderita Kanker Payudara yang bisa anda coba rasakan manfaatnya. Dan selain itu untuk mengobati kanker payudara, ada rekomendasi juga berupa obat kanker payudara herbal, yaitu Ace Maxs – yang terbukti efektif dan aman mengobati kanker payudara tanpa operasi, tanpa kemoterapi, tanpa radioterapi, dan tanpa menimbulkan efek samping yang membahayakan. Kualitasnya tidak perlu diragukan lagi, sudah terdaftar di BPOM RI dan juga DEPKES RI. Dan khasiatnya pun sudah terbukti ampuh, manjur, dan mujarab, sudah ada bukti testimoninya dari para konsumennya.

Baca Juga : Kandungan Dan Manfaat Ace Maxs

Legalitas Dan Bukti BPOM Herbal Ace Maxs

Untuk mengetahui informasi lebih lanjutnya, atau jika anda ingin berkonsultasi terlebih dahulu, silahkan hubungi kontak dibawah ini :

Telp : (0265) 341113

Telp : 085 793 507 222

SMS/WA/Telp : 085 223 557 127

PIN BB : 25C274D1

Line : zahraherbal

IG : toko_zahraherbal

Posted by : Admin OBAT KANKER PAYUDARA

 

Baca artikel menarik lainnya :

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *